PERATURAN PERTANDINGAN
TURNAMEN CATUR VI
ANTAR PERUSAHAAN ASURANSI DAN BROKER REASURANSI

TEKNIS PERTANDINGAN

1.
Pertandingan menggunakan sistem gugur.
2.
Setiap peserta diharuskan berpakaian rapi / sopan serta bersepatu
3. Setiap peserta wajib menggunakan ID card yang disediakan Panitia
4.
Peserta adalah pegawai, dan yang dimaksud dengan pegawai dalam event Turnamen ini adalah pegawai /karyawan, direksi dan atau Komisaris pada Perusahaan Asuransi dan Broker Reasuransi yang menyampaikan konfirmasi keikutsertaannya kepada Nasional Re.
5.
Setiap Tim diharapkan membawa minimal 1 (satu) papan catur.
6.
Tiap perusahaan diwakili satu Tim yang terdiri dari 3 orang pemain plus 1 (satu ) orang manager Tim. Manager Tim boleh merangkap sebagai pemain. Setiap Tim diperbolehkan untuk menyertakan sebanyak-banyaknya 1 (dua) orang pemain cadangan. Pemain cadangan diperlukan apabila pemain inti dalam Tim berhalangan hadir.
7.
Jika satu Tim hanya diwakili oleh kurang dari 3 orang pemain, maka terhadap partai yang kosong (kekurangan tersebut) dianggap kalah. Kekurangan pemain hanya diperbolehkan 1 orang saja (minimal ada 2 orang pemain). Kekurangan pemain dalam tim lebih dari 1 orang, maka Tim itu dianggap WO (kalah)
8.
Setiap Tim harus hadir tepat pada waktunya, dan apabila 30 menit setelah pertandingan dimulai salah satu Tim belum hadir, maka Tim tersebut dinyatakan kalah (WO)
9.
Nama-nama peserta secara lengkap beserta urutan Papan Catur, harus disampaikan kepada Nasional Re selambat-lambatnya pada hari yang ditentukan pada pukul 12.00 WIB
10.
Tiap peserta wajib membawa Kartu Tanda Pegawai / Pengenal / Surat keterangan dari perusahaan asal pegawai. Peserta yang tidak dapat memenuhi ketentuan tersebut diatas akan di diskualifikasi
11.
Sebelum pertandingan dimulai, panitia akan mengundi Tim yang akan memegang buah hitam atau putih pada meja pertama. Meja kedua dan berikutnya berselang seling antara putih dan hitam.
12.
Bilamana terjadi nilai seri, maka Tim sebagai pemegang buah hitam pada meja pertama (pemain No.1) berhak sebagai pemenang pertandingan.
13.
Bilamana dalam waktu yang telah ditentukan (selama 2 jam) pertandingan belum selesai, maka untuk pertandingan terakhir akan dilakukan ”arbitrase” oleh wasit. Apabila dalam arbitrase wasit menyatakan seimbang, maka pertandingan akan dilanjutkan dengan menggunakan jam catur dengan waktu masing-masing 10 menit untuk menyelesaikan pertandingan.
14.
Khusus untuk petandingan babak final menggunakan jam catur, masing-masing memiliki waktu 1 (satu) jam.
15.
Jadwal pertandingan akan diatur sebagai berikut :
  a. Pertandingan adalah dengan sistem gugur 64 Tim
  b. Jumlah peserta yang akan bertanding adalah sebanyak 52 Tim
  c. Waktu pertandingan dibagi menjadi:
  Hari ke-1
Sesi I : Jam 09.00 – 11.00 Wib 32 Tim (No. 1 – 32)
Sesi II : Jam 13.30 – 15.30 Wib 32 Tim (No. 33 – 64)

Hari ke-2
Sesi I : Jam 09.00 – 11.00 Wib 32 Tim
Sesi II : Jam 13.30 – 15.30 Wib 16 Tim

Hari ke-3
Sesi I : Jam 09.00 – 11.00 Wib 8 Tim (Perempat Final)
Sesi II : Jam 13.30 – 15.30 Wib 4 Tim (Semi Final)
Sesi III : Jam 16.00 – 18.00 Wib 4 Tim (Final Juara I, II, III dan IV)
  d. Bagi Tim yang mendapatkan Bye akan bertanding pada hari kedua
  e. Pertandingan akan dibuka secara resmi oleh Bapak Direksi Nasional Re dengan melakukan langkah pertama pada salah satu Tim
  f. Pertandingan perempat final, semi final dan grand final akan diadakan pada hari ke tiga, dilanjutkan dengan Pertandingan Antar Direksi.

TEKNIS PERMAINAN

1.
Pada langkah awal, pemain tidak diperkenankan melangkah sekaligus 2 langkah untuk kotak berbeda, misalnya melangkah sekaligus buah catur a2 ke a3 dan buah catur h2 ke h3.
2. Bilamana pemain telah memegang buah catur, maka buah catur tersebut harus dijalankan.
3. Bilamana bidak pemain melewati bidak lawan (en passent), maka bidak lawan berhak untuk memakan atau tidak memakan bidak pemain.
4.
Teknik Rokade diperbolehkan dengan cara menjalankan Raja terlebih dahulu. Rokade dilarang apabila posisi Raja Terancam, sebaliknya apabila posisi benteng yang terancam maka rokade boleh dilakukan.
5.
Pemain yang akan mempromosikan bidaknya, terlebih dulu harus mengatakan kepada lawan pengganti bidaknya atau mengangkat buah catur pengganti bidak sebelum bidak tersebut di promosikan (Tidak ada bidak abadi).
6.
Pemain tidak diwajibkan mengatakan posisi ”skak - ster” kepada lawan namun apabila pemain mengatakan ”skak” hal tersebut akan lebih baik.
7.
Apabila dalam pertandingan pemain menjalankan 3 langkah yang sama maka pertandingan tersebut dinyatakan ”remis”
8.
Apabila dalam posisi ”open skak” seorang pemain mengangkat buah catur sehingga raja terancam ”skak” maka langkah tersebut dibatalkan dengan mengembalikan posisi buah catur yang diangkat pada posisi semula.


PERTANDINGAN ANTAR DIREKSI

Pertandingan catur antara Direksi Perusahaan Asuransi dan Broker Reasuransi akan dilaksanakan pada hari ke-3 setelah Grand Final dilaksanakan, bagi para peserta yang ingin menyaksikan pertandingan ini dipersilahkan hadir.

HADIAH PERTANDINGAN

Bagi para Tim pemenang turnamen ini disediakan hadiah uang tunai dan plakat sebagai berikut :
  Juara I
Juara II
Juara III
Juara IV
: Uang tunai + plakat juara I
: Uang tunai + plakat Juara II
: Uang tunai + plakat Juara III
: Uang tunai + plakat Juara IV

DOOR PRIZE

Panitia menyiapkan hadiah Door Prize yang menarik untuk para peserta Turnamen, yang akan diundi berdasarkan “Nomor Tim Catur” (Perusahaan) pada hari ke-3, , dengan ketentuan pemenang undian Door Prize dinyatakan “Sah” apabila wakil dari Tim Peserta Turnamen (Perusahaan) hadir ditempat pada saat pengundian dilaksanakan.


SELAMAT BERTANDING & TETAP MENJAGA SPORTIFITAS